Rabu, 09 Maret 2016

MTs-SA Al-Ma'rifah

Post oleh : pondok pesantren al-ma'rifah | Rilis : 05.08.00 | Series :


Dalam rangka merealisasikan program pemerintah tentang penuntasan wajib belajar pendidikan dasar YPI Al-Ma’rifah mendirikan MTs-SA Al-Ma’rifah ini dibangun atas kerjasama Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia melalui Australia Indonesia Partnership For Basic Education Program (AI-BEP). MTs-SA ini diharapkan menjadi MTs percontoan baik dari segi infrastruktur maupun kualitas serta mutu pendidikan. untuk merealisasikan hal tersebut, Departemen Agama  RI melalui Australia Indonesia Partnership For Basic Education Program (AI-BEP)  memfasilitasi guru-guru MTs SA Al-ma’rifah  untuk mengikuti workshop WSD (Whole School Developement) guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di MTs-SA Al-Ma’rifah.



SEJARAH SINGKAT MTs


MTs-SA AL-MARIFAH Didirikan pada tahun 2009, yang  terletak di lingkungan Pejagan Asem RT 01 RW 02 Desa Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Didirikan oleh K. Syamsul Ma’arif, S.Pd.I. Madrasah ini dalam satu Desa ada satu, terletak di Tengah-tengah Desa, dari jalan raya 50 m berada antara arah jalan Palimanan-Majalengka.


Tingkat Masyarakat kebanyakannya menengah kebawah, mereka dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan dengan bertani, disamping itu juga ada yang menjadi buruh, pedagang, dan menjadi karyawan di pabrik tertentu.


Dengan kondisi tersebut MTs-SA AL-MARIFAH berharap 4 tahun ke depan SDM lebih meningkat sehingga dapat bersama-sama dapat mengembangkan dan memajukan MTs baik secara moril dan materil, tingkat kesadaran Masyarakatakan pentingnya pendidikan lebih tinggi, sehingga Masyarakat dapat memotivasi Siswa-siswi dalam mewujudkan Insan yang bermoral baik dalam pendidikan, social, politik, ekonomi, IPTEK dan lain-lain. 


Kondisi Pendidikan di daerah Kedung Bunder masih minim, bahkan ada sebagian Masyarakat yang mengatakan, sudah bersyukur jika anaknya masih mau melanjutkan sekolahnya ke tingkat menengah, sehingga di daerah ini kebanyaknnya setelah tamatan SD dan SLTP lebih memilih kerja dan bertani.


Pada saat ini di Madrasah MTs-SA AL-MARIFAH dalam menerapkan KTSP belum memenuhi standar Nasional, dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode konserfatif, Siswa belum sepenuhnya mendapatkan prestasi yang cukup tinggi, belum maximalnya dewan guru yang keluaran SI, Masyarakat belum sepenuhnya turut ikut andil dalam pengembangan Madrasah, dan sumber Pengelolaan yang ada di sekolah belum sepenuhnya terpenuhi.


Di MTs-SA AL-MARIFAH dapat mencapai Kurikulum standar nasional, menerapkan berbagai macam proses pem belajaran yang PAIKEM (Pembelajaran Afektif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan), prestasi akademik sesuai dengan standar kelulusan, Kualifikasi Pendidik sudah memenuhi standar nasional dengan gelar SI yang sesuai dengan bidangnya, partisifasi masyarakat terhadap pendidikan dan pendanaan lebih akuntabel dan pengelolaan menejemen Madrasah yang sudah tertata rafih dan siswa-siswi mampu berkompetendi dengan siswa lain dan  intelektual yang tinggi, sehingga menjadi generasi penerus anak bangsa untuk mengembangkan di daerahnya dan Negara Indonesia.



VISI :

"Menjadi Madrasah unggulan kebanggaan umat dalam menciptakan santri tepat guna yang berakhlakul karimah, beriman dan bertaqwa pada Allah."


MISI :

  • Menyelenggarakan dakwah melalui program-program pendidikan unggulan yang bertauhid kepada Allah, istiqomah dalam menjalankan syariat agama dan berakhlak mulia.
  • Mendidik santri yang memiliki dasar dan tradisi keulamaan kepemimpinan dan keguruan serta mau dan mampu menjadi pejuang yang mempunyai ruhul jihad untuk agama, masyarakat dan bangsa menuju izzil islam wal muslimin.
  • Mencetak santri yang terampil dan mandiri serta berkualitas dan professional di bidangnya.

google+

linkedin