Dalam rangka merealisasikan program
pemerintah tentang penuntasan wajib belajar pendidikan dasar YPI Al-Ma’rifah
mendirikan MTs-SA Al-Ma’rifah ini dibangun atas kerjasama Pemerintah Australia
dan Pemerintah Indonesia melalui Australia Indonesia Partnership For Basic
Education Program (AI-BEP). MTs-SA ini diharapkan menjadi MTs percontoan baik
dari segi infrastruktur maupun kualitas serta mutu pendidikan. untuk
merealisasikan hal tersebut, Departemen Agama
RI melalui Australia Indonesia Partnership For Basic Education Program
(AI-BEP) memfasilitasi guru-guru MTs SA
Al-ma’rifah untuk mengikuti workshop WSD
(Whole School Developement) guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di
MTs-SA Al-Ma’rifah.
SEJARAH SINGKAT MTs
MTs-SA AL-MARIFAH Didirikan pada tahun
2009, yang terletak di lingkungan Pejagan
Asem RT 01 RW 02 Desa Kedungbunder Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Didirikan oleh K. Syamsul
Ma’arif, S.Pd.I. Madrasah ini dalam satu Desa ada satu, terletak di
Tengah-tengah Desa, dari jalan raya 50 m berada antara arah jalan
Palimanan-Majalengka.
Tingkat Masyarakat kebanyakannya menengah
kebawah, mereka dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan dengan
bertani, disamping itu juga ada yang menjadi buruh, pedagang, dan menjadi
karyawan di pabrik tertentu.
Dengan kondisi tersebut MTs-SA AL-MARIFAH
berharap 4 tahun ke depan SDM lebih meningkat sehingga dapat bersama-sama dapat
mengembangkan dan memajukan MTs baik secara moril dan materil, tingkat
kesadaran Masyarakatakan pentingnya pendidikan lebih tinggi, sehingga
Masyarakat dapat memotivasi Siswa-siswi dalam mewujudkan Insan yang bermoral
baik dalam pendidikan, social, politik, ekonomi, IPTEK dan lain-lain.
Kondisi Pendidikan di daerah Kedung Bunder
masih minim, bahkan ada sebagian Masyarakat yang mengatakan, sudah bersyukur
jika anaknya masih mau melanjutkan sekolahnya ke tingkat menengah, sehingga di
daerah ini kebanyaknnya setelah tamatan SD dan SLTP lebih memilih kerja dan
bertani.
Pada saat ini di Madrasah MTs-SA AL-MARIFAH
dalam menerapkan KTSP belum memenuhi standar Nasional, dalam proses
pembelajarannya masih menggunakan metode konserfatif, Siswa belum sepenuhnya
mendapatkan prestasi yang cukup tinggi, belum maximalnya dewan guru yang
keluaran SI, Masyarakat belum sepenuhnya turut ikut andil dalam pengembangan
Madrasah, dan sumber Pengelolaan yang ada di sekolah belum sepenuhnya
terpenuhi.
Di MTs-SA AL-MARIFAH dapat mencapai
Kurikulum standar nasional, menerapkan berbagai macam proses pem belajaran yang
PAIKEM (Pembelajaran Afektif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan),
prestasi akademik sesuai dengan standar kelulusan, Kualifikasi Pendidik sudah
memenuhi standar nasional dengan gelar SI yang sesuai dengan bidangnya,
partisifasi masyarakat terhadap pendidikan dan pendanaan lebih akuntabel dan
pengelolaan menejemen Madrasah yang sudah tertata rafih dan siswa-siswi mampu
berkompetendi dengan siswa lain dan
intelektual yang tinggi, sehingga menjadi generasi penerus anak bangsa
untuk mengembangkan di daerahnya dan Negara Indonesia.
VISI :
"Menjadi Madrasah unggulan kebanggaan umat
dalam menciptakan santri tepat guna yang berakhlakul karimah, beriman dan
bertaqwa pada Allah."
MISI :
- Menyelenggarakan dakwah melalui program-program pendidikan unggulan yang bertauhid kepada Allah, istiqomah dalam menjalankan syariat agama dan berakhlak mulia.
- Mendidik santri yang memiliki dasar dan tradisi keulamaan kepemimpinan dan keguruan serta mau dan mampu menjadi pejuang yang mempunyai ruhul jihad untuk agama, masyarakat dan bangsa menuju izzil islam wal muslimin.
- Mencetak santri yang terampil dan mandiri serta berkualitas dan professional di bidangnya.